Artikel detail

NARSIS bakal buat kamu terhindar dari bahaya Narkoba!!! Chek it Out

Posted by : editor | 2014-05-10 22:57:13

Hallo sobat relawan di seluruh Indonesia, bagaimana kabar sekolah kalian?? pada lancar??

kakak-kakak dari LETUPAN mau ngasih selamat dulu nih buat sobat relawan yang baru selesai melaksanakan Ujian Nasional semoga hasil ujiannya memuaskan.

Oh ya, sudah pernah dengar kata Narsis gak?? pernah dong?? hehe.. mungkin kita sering mengucapkannya atau ikut berfoto dengan gaya unik yang belakangan trend dengan sebutan "Selfie" ya kan?? ini yang sering disebut dengan narsis.

Kata Narsis berasal dari cerita Yunani, tentang seorang pemuda bernama Narcissus. Dia sangat ganteng dan suka memuji dirinya sendiri, menolak cinta banyak gadis (dan janda), tidak mudah tunduk pada rayuan beracun para wanita.
Sampai suatu saat dia menolak cinta Echo, yang menyebabkan Echo patah hati, dan Narcissus dikutuk sehingga jatuh cinta pada bayangannya sendiri di air kolam.

Tanpa sengaja ia menjulurkan tangannya, sehingga ia mati tenggelam dan tumbuh bunga yang sampai sekarang disebut bunga narsis.

Sifat narsisisme ada dalam setiap manusia sejak lahir, bahkan Andrew Morrison berpendapat bahwa dimilikinya sifat narsisisme dalam jumlah yang cukup akan membuat seseorang memiliki persepsi yang seimbang antara kebutuhannya dalam hubungannya dengan orang lain. Namun apabila jumlahnya berlebihan, dapat menjadi suatu kelainan kepribadian yang bersifat patologis.Sekarang ini kata Narsis digunakan untuk menggambarkan orang yang Terlalu suka pada diri sendiri, Egosentris, dan PD gak ketulungan

Eits.. tapi jangan salah dulu sobat, NARSIS yang satu ini amat penting ada dalam diri kamu supaya kamu terhindar dari jerat Narkoba, yuk kita intip:

1. N = Niatkan bahwa kamu tidak akan pernah menyalahgunakan narkoba

     Komitmen atau niat yang sudah bulat untuk tidak menyalahgunakan narkoba harus kamu pupuk sejak dini, setelah tahu bahayanya bagi hidup kamu, pastikan bahwa sampai ajal menjemput tidak ada kata kompromi untuk coba-coba pake narkoba!!

2. A = Anggap dirimu penting

    Nah, kembali ke sifat narsis tadi yang menganggap dirinya luar biasa atau terlalu cinta pada diri sendiri. Hal ini juga harus ada dalam diri sobat, kalo kamu sudah merasa kamu penting di dunia ini tentu kamu tidak akan terjerumus ke dalam dunia narkoba karena jika terjerumus maka diri kamu tidak akan berarti apa-apa lagi sehingga orang bisa memandang kamu sebelah mata atau malah mengucilkan kamu dari pergaulan dunia. Saya yakin sobat semua gak pengen seperti itu bukan?? So, katakan pada diri kamu sendiri "Aku Berharga" maka kamu adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa.

3. R = Raih prestasi setinggi-tingginya

     Setiap individu dilahirkan dengan bakat atau talenta yang berbeda-beda maka kenali dirimu sobat supaya kamu bisa eksploitasi semua anugrah Tuhan yang berdiam di dalam dirimu. Yakin deh, jika kamu sibuk dengan se abrek prestasi yang kamu miliki kamu bakal gak punya waktu untuk mikirin ikut-ikutan pergaulan kurang baik apalagi sampai menjerumuskanmu untuk menggunakan narkoba, bahkan kadang untuk memikirkan si doi juga gak sempat. hehe

4. S = Sayangilah keluarga

     Ortu dan saudara yang kamu miliki itu adalah cinta yang tak ternilai harganya, maka cintai dan sayangi mereka especially for your parents (ortu). Curhatlah kepada mereka jika kamu punya masalah, jangan dipendam sendiri pasti ortumu juga merasa senang kalau kamu mau berbagi dengan mereka. Jika cinta tumbuh antara kamu dan keluarga, ikatan semakin kuat, akan semakin kecil kemungkinan kamu terjerumus kedalam jurang kenistaan.

5. I = Idolakan seseorang yang memberikanmu inspirasi

    Dalam hidup ini terkadang kita harus memiliki idola yang bisa membuat kita lebih baik, so cari dan temukan sosok idolamu yang bisa memberikan inspirasi dalam hidupmu untuk menelurkan karya-karya yang luar biasa sesuai dengan bakat yang kamu miliki. Tapi yang terpenting idola yang kamu miliki bukan seorang pecandu narkoba ya!

6. S = Selektiflah dalam berteman

     Nah, ini yang terpenting.. Freeeennn.. teman, sohib... pandai-pandailah memilah dan memilih teman dalam hidupmu, karena tidak semua teman memberikan efek positif bagi diri kamu. Jika teman itu selalu mendukungmu kepada hal-hal baik maka itulah sejatinya seorang sahabat.

Nah.. itulah tadi tips Narsis agar kamu terhindar dari pergaulan yang kurang baik, dengan mencintai dirimu sendiri (narsis) kamu pasti menjadi orang yang sukses dalam hidup ini. Trust Me

 

 

 

 

Achmad Fahri Harahap, S.Pd

Penulis Fiksi dan Penyuluh Narkoba

Copyright © 2017 Design & Support by Medanstore Creative Solution